3 Cara Mudah Menjual Barang Ke Luar Negeri

Diposkan oleh

Menjual barang ke luar negeri atau yang biasa disebut sebagai ekspor adalah salah satu jenis usaha yang harus dipertimbangkan oleh orang-orang yang telah memiliki usaha maupun orang-orang yang baru memulai atau mencari peluang usaha. Selain dapat menghasilkan keuntungan yang besar secara pribadi, ekspor juga akan menghasilkan devisa bagi perekonomian negara.

Peluang ekspor sangat besar karena pasar yang ada sangat luas. Jika dilihat dari jumlah penduduk, maka 97% pembeli ada diluar negeri. China menempati urutan pertama dengan jumlah 1,4 milyar orang atau setara dengan 18 % pembeli di dunia, disusul India dan Amerika Serikat dengan persentase 17% dan 4%.

Lantas bagaimana cara mendapatkan pembeli dari begtu banyak calon pembeli yang tersedia? Berikut 3 cara mudah yang dapat dilakukan.

1. Manfaatkan Fasilitas “Call Friends”

Teman adalah kata yang sangat pas mengungkapkan hubungan dengan orang lain yang dapat saling membatu satu sama lain. Khususnya dalam bisnis, ia adalah modal terbesar dalam menjalankan usaha. Begitupula dalam membuka pasar ekspor dimana teman dapat menjadi jalan yang mempermudah proses yang akan dilakukan. Teman yang dapat juga disebut relasi dalam dunia usaha bisa berasal dari dalam dan luar negeri. Manfaatkan call friends untuk membuka pasar anda.

Untuk kegiatan ekspor, relasi bisa berasal dari dalam negeri. Relasi ini bisa dalam bentuk berbagi ilmu dan data terkait pembeli di luar negeri, maupun dalam bentuk kerjasama bisnis. Sebagai contoh Rinaldo Panjaitan (+62-8119867000) yang siap membantu eksport furniture berbahan rotan dan enceng gondok.

Selain itu, relasi juga dapat berasal dari luar negeri antara lain mahasiswa yang sedang belajar, buruh migran ataupun diaspora yang jumlahnya sangat banyak. Mereka dapat menjadi jalan untuk mengenalkan produk diluar negeri. Sebagai contoh Rachmad Poetranto, Diaspora Amaerika (+1202-427-9700) yang sekarang menetap di Washington DC dan siap membantu pembukaan pasar ekspor di Amerika Serikat. Ada pula Amiranto (08111001158) yang siap membantu pemasaran produk di Australia dan Eropa

Untuk bisa memperluas relasi, khususnya seperti contoh-contoh diatas, anda dapat bergabung di komunitas-komuntas online yang banyak bertebaran di media sosial. Sebagai contoh jika ingin bergabung team ekspor kopi Indonesia dapat menghubungi nomor +6287782916255

2. Manfaatkan Digital Marketing

Digital marketing saat ini telah membuka batas wilayah dan negara. Setiap orang dapat menawarkan produk ke berbagai negara melalui platform digital. Bahkan seseorang dapat mengatur negara yang menjadi target promosi dari produk yang dimiliki. Digital marketing dapat dilakukan melalui media sosial seperti facebook, instagram ataupun melalui platform khusus semacam etsy, eworldtrade, Agrimarket place, trademap, www.indonesiastore.eu ( eropa ) , www.indonesiastore.com.au ( oz dan nz ).

Sebagai contoh brand cravar yang mendapatkan pembeli sekaligus sumber permodalan melalu media digital. Berawal dari 2 sahabat yang memiliki ide produk tas dan sepatu kulit namun tidak memiliki modal awal yang mumpuni. Mereka Kemudian memasukkan ide produk mereka pada platform Kickstarter yang berbasis di Amerika Serikat. Siapa sangka, produk mereka mendapat respon positif dari para investor di kickstarter yang sekaligus menjadikan momen pemasaran dan branding produk di pasar luar negeri. Saat ini Cravar sudah mengekspor ke Singapura, Jepang dan Amerika  

3. Ikut Kegiatan Pameran Dagang

Cara terakhir yang dapat digunakan untuk mendapatkan pembeli dari luar negeri adalah dengan mengikuti pameran dagang. Proses ini sangat convensional namun masih sangat efektif dalam membuka pasar ekspor. Melalui pameran dagang, seseorang dapat mempekernalkan produknya dan membangun relasi secara langsung dengan calon pembeli

Kegiatan pameran dagang dapat dilaksanakan di dalam negeri maupun diluar negeri. Di dalam negeri ada Trade Expo Indonesia (TEI), pameran dagang tahunan di Indonesia. Pameran ini diadakan pada bulan Oktober di JIExpo, Kemayoran, Jakarta selama lebih dari 30 tahun, namun sejak 2017 tempatnya dipindah ke ICE di BSD City, Jakarta Raya.

Diluar negeri terdapat Guangzhou World Agricultural Expo yang dikhususkan untuk produk-produk agrikultur. Adapula India International Trade Fair, Pameran Perdagangan Internasional India, sejak didirikan pada tahun 1980, telah berkembang sebagai peristiwa besar bagi komunitas bisnis. Ini adalah acara utama yang diselenggarakan oleh Organisasi Promosi Perdagangan India, agen promosi perdagangan nodal dari Pemerintah India. Selain itu banyak lagi pameran dagang lain yang dapat ditemukan melalui mesin pencari google.

*****

Indonesia kaya akan komoditi yang merupakan kebutuhan berbagai negara. Saatnya menjadikan kegiatan ekspor sebagai penggerak perekonomian. Indonesia berada pada pusat populasi dunia yakni Benua asia yang notabene dihuni oleh hampir 60% penduduk dunia. Indonesia memiliki 4 (empat) selat startegis dunia salah satunya adalah Selat Malaka yang merupakan selat terpadat dan tersibuk di dunia, dilalui 50.000+ kapal setiap tahunnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s