Efek Virus Corona Bagi Kegiatan Ekspor Indonesia

Diposkan oleh

Dalam beberapa waktu terakhir, perhatian tertuju ke Tiongkok yang terserang wabah virus korona. WHO telah mengumumkan bahwa kejadian ini adalah kejadian darurat internasioal. Beberapa negara telah mengambil langkah-langkah terkait, termasuk dengan melakukan evakuasi terhadap warganya yang berada di Tiongkok.

Para pengamat ekonomi mengkhawatirkan kejadian kemanusiaan ini akan berdampak pada ekonomi Tiongkok dan dunia. Nicholas R. Lardy, pakar senior terkait Tiongkok pada Peterson Institute for International Economics, Washington sebagaimana dikutip nytimes.com memperkirakan

Dampak ekonomi dari virus corona akan lebih besar dari dampak SARS yang menekan pertumbuhan ekonomi Tiongkok dari 11,1% ke 9,1% pada triwulan kedua tahun 2003 silam.

nytimes.com

Penurunan ekonomi Tiongkok sangat mungkin akan berpengaruh ke perekonomian dunia termasuk Indonesia. Salah satu dampak yang perlu diantisipasi semua pihak adalah kemungkinan penurunan permintaan barang ekspor dari Indonesia

Penurunan nilai devisa ekspor selama bulan Januari telah menjadi peringatan bagi eksportir dan para pemangku kepentingan, ditengah kontraksi ekonomi dunia dan dampak wabah virus corona di Tiongkok.

Semua harus bersiap dengan kondisi-kondisi tak terduga yang mungkin terjadi dan menyiapkan langkah-langkah antisipasi, misalnya menambah negara-negara tujuan ekspor selain Tiongkok.

Kejadian di Tiongkok juga dapat dijadikan sebagai peluang dalam pengembangan kegiatan ekspor. Dalam kondisi saat ini, dimana banyak kegiatan perekonomian yang terhenti, Tiongkok akan membutuhkan bahan pangan.

Ditengah berbagai tantangan saat ini, diperlukan optimisme para eksportir dalam menghadapi kondisi global saat ini. Kita berharap bahwa wabah ini segera berakhir, semua kembali sehat dan perekonomian kembali normal

baca juga
Isu agama dan ras dalam sosial media

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s