Kenapa Kelinciku Selalu Mati?

Diposkan oleh

Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang lucu, khusunya bagi anak-anak. Hewan vivipar ini adalah mamalia dari famili Leporidae dengan masa hidup antara 5 sampai dengan 10 tahun. Kata kelinci berasal dari bahasa Belanda, yaitu konijntje yang berarti “anak kelinci”. Hal ini menunjukkan bahwa kelinci mulai dikenal masyarakat saat masa kolonial. Di Pulau Sumatra terdapat satu spesies asli nusantara yang disebut kelinci sumatera (Nesolagus netscheri), namun baru ditemukan pada tahun 1972.

Saat ini kita sering melihat kelinci diperjualbelikan dipasar-pasar maupun di beberapa tempat liburan. Ukurannya yang relatif kecil dengan bulu yang sangat halus memancing anak-anak untuk menggendong atau sekedar membelainya. Melihat reaksi anak, orang tua akan dengan senang hati membeli kelinci untuk dipelihara beserta perlengkapannya (kandang, tempat makan, minum).

Setelah sehari atau beberapa hari di rumah, kebanyakan orang akan mendapati kelinci lucu yang dibelinya meringkuk disudut kandang dengan suara gigi berdecit dan tidak lama kemudian kelinci akan kejang dan mati. Hal tersebut tentu bukanlah hal yang diharapkan, khususnya jika disaksikan oleh anak-anak. Berapa dari orang yang mengalami kejadian ini kemudian membeli kelinci lagi, berulang kali, dan tetap mengalami hal hasil yang serupa.

Kenapa kelinci tersebut mati?

Ada beberapa hal yang dapat dianalisa sebagai kemungkinan sebagai penyebab, salah satunya adalah usia kelinci yg diperjualbelikan masih dibawah umur. Jika dilihat dari ukuran anak kelinci yang banyak dijual, usianya kurang dari 2 bulan. Kelinci yang dipelihara, memiliki peluang hidup lebih besar jika dipisahkan dari induknya pada bulan ke-3.

Lebih lanjut, penyebab lain kematian adalah kembung. Hal ini dapat dilihat dari perut yang membengkak dan suara gigi yang berdecit sebelum kematian serta feses yang cair. Penyakit kembung pada kelinci merupakan penyakit umum terjadi jika makanan yang dikonsumsi tidak tepat.

Kelinci terlihat lucu dan menggemaskan saat mengunyah makanan. Mereka terlihat sangat lahap ketika diberi sayuran kangkung dan kubis. Selain itu, karena pengaruh film-film kartun, orang-orang hanya memberikan wortel sebagai makanan kelinci. Kangkung, kubis, wortel serta sayuran segar lainnya akan memicu kembung dan berujung kematian.

Makanan yang bisa menyebabkan kembung adalah makanan yang yang mengandung FODMAPs, yaitu karbohidrat rantai pendek yang bisa menghasilkan gas dalam perut. Selain itu, kandungan gula dalam beberapa jenis sayuran dapat memicu perut bergas. Beberapa jenis makanan yang mengandung gas adalah bawang (semua jenis bawang), asparagus, kubis, seledri, jagung manis, dan brokoli. Tidak hanya itu, sayuran yang mengandung serat larut tinggi juga berpotensi membuat banyak gas.

Saran Memelihara Kelinci Untuk Pemula

Untuk menghidari kematian kelinci diawal pemeliharan, belilah kelinci dengan usia lebih dari dua bulan. Tanyakan ke penjual tentang perkiraan usia atau perhatikan ukuran anakan kelinci. Untuk kelinci berukuran normal yang banyak dipelihara, ukuran anakan siap sapih sekitar dua kepalan tangan orang dewasa. Selain itu, hindari membeli kelinci yang memiliki warna mencolok karena itu bukan warna normal kelinci. Warna-warna tersebut berasal dari proses pewarnaan dan dapat dijadikan indikator penjual hanya ingin menarik perhatian pembeli.

Selanjutnya, pilihlah makanan yang sudah dalam bentuk pelet dengan kandungan nutrisi seimbang. Selain akan menjaga kondisi kelinci, pemakaian pelet juga akan membuat kandang lebih bersih dan mengurangi bau. Jika terpaksa memberikan sayuran, jangan disajikan dalam keadaan segar. Berikan sayuran-sayuran tersebut dalam keadaan sudah layu atau hampir kering. Selain itu, hindari memberi sayuran kol dan kubis

Selamat memelihara kelinci…
Kelinci akan menjadi objek bagi anak-anak untuk belajar menumbuhkan rasa kasih sayang dan tanggung jawab
Salam Sukses

 

6 comments

  1. Baru tahu…
    Padahal di tempat saudara saya dulu makanan utama kelinci adalah kangkung, baik besar atau kecil. Pantas saja sangat susah membesarkan yg kecil.. ternyata mungkin ini sebabnya. Anak kelinci ikut memakan kangkung jg. Tiba2 ditemukan besoknya ada si kecil yg tergeletak mati.
    Trimakasih infonya kak..

    Suka

  2. Berarti apa dong mbak makanan yg bagus buat kelinci selain wortel. Dulu sempat memelihara kelinci di lepas di halaman belakang rumah sampai kelincinya beranak pinak. Tapi makanannya apa saya nggak tahu soalnya ibu yg merawat. Sayangnya setelah itu kelincinya hilang karena keluar dari halaman belakang rumah. Mungkin ditemukan orang ketika sedang keluar halaman.

    Suka

    1. Paling aman pake pelet khusus kelinci atau sayuran atau rumput yang kadar airnya sdh dikurangi (sdh dlm bentuk hay) klo makanan full dari manusia dan dipeliharax pke kandang..klo dipelihara bebas tdk di kandang, tdk perlu diatur krn kelincinya bisa milih sendiri makananx

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s