Coto Kuda Khas Tanah Daeng


COTO MAKASSAR

Setelah minggu lalu menikmati kuliner didaerah Solo-Jogjakarta, minggu ini saatnya pulang kampung dan menikmati kuliner di tanah daeng, Sulawesi Selatan. Jika berbicara kuliner Sulawesi Selatan,  maka Coto akan menempati urutan teratas dari daftar kuliner daerah ini.

Coto Makassar atau Coto Mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Selain jeroan, saat ini coto juga telah menggunakan daging sapi.

Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Coto_Makassar

COTO KUDA

Beberapa warung coto menyajikan coto dengan bahan baku daging dan jeroan kuda, kususnya warung coto yang berada didaerah Kabupaten Takalar dan Jeneponto. 

Jeneponto dikenal sebagai daerah pemeiliharaan kuda yang tekenal di Sulawesi Selatan. Daging kuda berwarna lebih gelap dibandingkan daging sapi dan berstektur lebih kasar. Sekilas tidak ada perbedaan antara coto dengan bahan baku sapi dan kuda.

Salah satu warung coto kuda yang saya datangi punya metode khusus menarik pelanggan. Cukup bayar semangkok coto, ketupatnya gratis, all u can eat…

MANFAAT DAGING KUDA

Menurut berbagai sumber, Daging kuda memiliki manfaat antara lain :

  1. Menambah stamina tubuh. Sudah sejak dahulu daging dipercaya dapat menambah stamina tubuh. Daging kuda ini lebih banyak dikonsumsi oleh para laki – laki. Kandungan protein yang cukup tinggi dibandingkan dengan daging sapi dan daging ayam membuat daging kuda ampuh menambah energi tubuh kita.
  2. Mengobati penyakit rematik
  3. Menyembuhkan pegal linu. Daging kuda dapat menyembuhkan pegal linu karena dalam 100 gram daging kuda mengandung 3.82 mg zat besi. Zat besi ini lah dapat menghilangkan pegal linu pada tubuh kita. Selain itu, zat besi juga dapat membuat sistem kekebalan tubuh kita semakin baik.
  4. Menyembuhkan epilepsi
  5. Sebagai menu diet. Kandungan lemak yang rendah pada daging kuda membuat daging yang satu ini cocok untuk para wanita dan laki – laki yang ingin memiliki tubuh dengan berat badan yang ideal. Daging kuda sebagai menu diet sangatlah baik, karna daging ini dapat menggantikan daging ayam dan daging sapi yang sebenernya lebih berlemak dibandingkan daging kuda. Mengkonsumsi daging kuda tidak akan membuat tubuh kita menjadi gendut.
  6. Menjaga kolesterol tetap stabil. Kandungan kolesterol yang rendah pada daging kuda dipercaya cocok untuk menjaga kestabilan kolesterol pada tubuh kita. Dalam 100 gram daging kuda hanya mengandung 50-60 mg kolesterol. Angka itu lebih rendah dibandingkan dengan daging ayam dan daging sapi.

4 pemikiran pada “Coto Kuda Khas Tanah Daeng

  1. Ping balik: DILARANG MENELAN LUDAH SENDIRI | auliamaharani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s