Danke..Keju Tradisional Enrekang


Dangke.jpg

Dulu saya tidak mengenal makanan ini, padahal jarak Kabupaten Enrekang ke tempat tinggal saya hanya sekitar 250 Km. Enrekang, salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan dengan mayoritas daerahnya adalah pegunungan.

Wilayah timur Enrekang dikelilingi pegunungan Latimojong, dari arah utara ke selatan dengan ketinggian rata-rata 3000 m diatas permukaan laut. Pegunungan Latimojong merupakan pegunungan tertinggi di Pulau Sulawesi.

Dibagian barat membentang sungai saddang, yang juga merupakan sungai terpanjang di Pulau Sulawesi. Mengaliri daerah Tana Toraja, Enrekang, Polewali Mandar dan Pinrang sepanjang 150 km. Enrekang dilalui dua buah sungai, yaitu  Sungai Saddang dan Sungai Mata”allo dimana kedua sungai tersebut menyatu di derah Massemba Enrekang.

Dangke meupakan makanan hasil fermentasi susu. berwarna putih dan bertekstur lembut. Susu dimasak dengan tambahan getah pepaya dan garam. Dimasak hingga mengental kemudian disaring untuk memisahkan kandungan airnya. Setelah itu disimpan dalam cetakan sesuai selera pembuat danke sampai berbentuk padatan. Jenis susu yang sering digunakan adalah susu kerbau karena dianggap memiliki kandungan kualitas lebih baik dibandingkan susu sapi.

dangke-1.jpg

Saat ini pengolahannya masih bersifat tradisional. Hanya dibuat untuk dikonsumsi sendiri, adapun jika dijual jumlahnya terbatas. Makanan ini biasanya disuguhkan dengan cara di goreng dan dimakan bersama dengan sambel.

Satu pemikiran pada “Danke..Keju Tradisional Enrekang

  1. Ping balik: Lampung – auliamaharani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s