Coto Makassar


Coto… makanan tradisional makassar, makanan berkuah dengan daging dan jeroan sapi sebagai bahan utama. Dimakan bersama dengan ketupat atau buras yang juga merupakan makanan khas makassar.

Bagi yang bedomisili di Makassar, mungkin tidak akan merindukan makanan ini karena dapat dengan mudah diperoleh. Warung-warung coto tersebar dimana-mana.

Namun, jika sedang dalam perantauan.Makananan ini akan sangat dirindukan. Aromanya rempahnya sangat khas.

Ketika berdomisili di Batam, Kepulauan Riau. Saya makan disebuah warung coto, namun rasanya seakan-akan makan diwarung Padang. Saya tidak bermaksud membandingkan rasa masakan padang atau coto makassar, dua-duanya enak dengan rasa khas masing-masing.

Ketika berdomisili di Tangerang, Banten. Saya makan coto di salah satu mall, dengan pengalaman rasa yang saya dapat sebelumnya di Batam, saya bertanya ke penjualnya. Asli mana?? dijawab asli sunda, karena penjualnya sunda, rasanya pun bercampur. Saya juga tidak bermaksud membandingkan rasa masakan sunda atau coto makassar, dua-duanya enak dengan rasa khas masing-masing.

Setelah mencari warung coto yang betul-betul pas bagi lidah orang makassar, saya mendapati sebuah warung coto didaerah Rawa Bokor, Tangerang. Penjualnya asli Makassar, dari daerah malino. Ciri khas masakan makassarnya sangat kental, serasa makan coto di Makassar. Warung ini menjadi favorit bagi komunitas anak makassar di kantor saya. Bahkan kami membuat group WA khusus untuk saling mengajak makan ditempat ini.

img_3357

Awalnya warung coto ini menempati tempat yang kecil, kira-kira seukuran 3×4 meter. Mulai awal tahun ini, warungnya dipindahkan ke tempat yang lebih luas, lokasinya tidak jauh dari lokasi sebelumnya.

img_3354

img_3353

Warung Coto Daeng

Jalan Husein Sastranegara, Rawa Bokor (dekat mesjid Agung Al-Huda)

0821 2320 8265

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s